Bea Cukai Pekanbaru Pantau HJE dan HTP sampai ke Pelosok

Pekanbaru, 24 Juni 2021
 
Bea Cukai Pekanbaru laksanakan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) atau Harga Jual Eceran (HJE) rokok di beberapa wilayah di bawah pengawasan Bea Cukai Pekanbaru. Monitoring HJE merupakan kegiatan untuk melakukan pemantauan terhadap harga jual eceran Hasil Tembakau (HT) yang dijual di Masyarakat. Mulai tanggal 16 Juni 2021 sampai dengan 22 Juni 2021 petugas Bea Cukai Pekanbaru melaksanakan pemantauan HTP di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Kerinci Kanan dan Sungai Mandau Kabupaaten Siak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kampar Kiri Hulu dan Bangkinang Kabupaten Kampar dan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.
 
Pemantaun HTP dilakukan dengan pendataan harga jual eceran rokok tiap merk/jenis hasil tembakau pada setiap toko, sekaligus sosialisasi terkait ciri-ciri rokok illegal kepada pemilik toko. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan harga transaksi pasar tidak melebihi harga jual eceran produk hasil tembakau yang telah di tetapkan pada pita cukai yang melekat serta mengkampanyekan gerakan Gempur Rokok Ilegal kepada masyarakat.
 
Kegiatan monitoring HTP ini dilaksanakan tiga bulan sekali di daerah tertentu yang lokasinya ditentukan oleh Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Kantor Pusat DJBC. Petugas dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai kemudian melaporkan hasil rekapitulasi data monitoring ke Kantor Pusat DJBC untuk dilakukan analisa harga transaksi pasar secara nasional.
 
Monitoring HTP juga merupakan momen yang pas dan efektif untuk menyosialisasikan ciri rokok illegal kepda pemilik toko. Diharapkan dari pemilik toko selanjutnya dapat menyosialisasikan kepada masyarakat yang di sekitarnya terutama kepada pelanggan yang datang ke tokonya. Sosialisasi rokok illegal ini tidak ada habisnya dan akan terus dilaksanakan dalam berbagai kesempatan. Selain sangat merugikan negara dan produsen rokok yang patuh, rokok illegal juga dapat membahayakan konsumennya karena mengandung bahan-bahan yang belum jelas komposisi dan kandungannya.
 
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, selain kewajiban dalam pemantauan harga transaksi pasar juga dapat memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat terkait rokok illegal dan tentunya kedua hal ini memiliki tujuan yang sama yaitu pemulihan ekonomi nasional yang dapat terwujud.
 
Shopping Basket