Bea Cukai Pekanbaru Laksanakan Operasi Pasar Hingga Ke Koto Gadang Kabupaten Kampar

(Pekanbaru – 21 Juni 2021)
 
Bea Cukai Pekanbaru semakin gencar melakukan operasi pasar di berbagai daerah. Kali ini, wilayah sekitar Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar menjadi tempat berlangsungnya operasi pasar. Operasi pasar ini dilakukan pada tanggal 15 hingga 17 Juni 2021. Beranggotakan 9 petugas, Bea Cukai Pekanbaru laksanakan operasi pasar sekaligus sosialisasi di beberapa tempat. Petugas melakukan pengecekan stok rokok yang sedang dijual oleh para pedagang rokok eceran serta mensosialisasikan terkait karakteristik rokok ilegal agar tidak dijual. Pelaksanaan operasi pasar ini dilakukan sebagai upaya untuk memberantas barang kena cukai ilegal yang disalurkan oleh para penyelundup rokok ilegal melalui para pedagang eceran.
 
Pada pelaksanaan operasi pasar ini, Bea Cukai Pekanbaru bersinergi dengan dinas daerah setempat. Didampingi oleh perwakilan dinas setempat dan beberapa petugas satpol PP, Bea Cukai Pekanbaru mendatangi beberapa toko yang menjual barang kena cukai berupa rokok. Petugas melakukan pemeriksaan dengan cara memastikan apakah pedagang tersebut memiliki dan menjual rokok ilegal atau legal, mewawancarai pedagang apakah pernah ditawarkan rokok ilegal, serta melakukan penindakan apabila kedapatan adanya rokok ilegal yang dijual di toko tersebut.
Selain melakukan pemeriksaan dan penindakan, Bea Cukai Pekanbaru juga melakukan sosisalisasi tentang himbauan untuk tidak menjual rokok ilegal kepada para pemiliki toko dan konsumen yang datang ke took saat pemeriksaan. Petugas menghimbau untuk tidak menerima tawaran dari para pengedar rokok ilegal meskipun ditawarkan harga yang murah. Petugas juga mengedukasi kepada masyarakat sekitar untuk bisa membedakan yang mana rokok ilegal dan rokok legal. Pelaksanaan operasi pasar ini diakhiri dengan menempelkan stiker bertuliskan ‘Gempur Rokok Ilegal’ sebagai tanda bahwa setiap took tersebut telah diperiksa dan diberikan sosialisasi oleh tim operasi pasar Bea Cukai Pekanbaru.
Pada operasi pasar kali ini, petugas mendapati peredaran sejumlah rokok ilegal yang dijual oleh beberapa toko. Sejumlah 7.700 batang rokok ilegal dengan beberapa merk dan pelanggaran diamankan oleh petugas Bea Cukai Pekanbaru. Petugas Bea Cukai Pekanbaru melakukan penarikan rokok ilegal tersebut untuk dibawa ke kantor disertai dengan surat bukti penindakan beserta kelengkapannya.
 
Masifnya pelaksanaan operasi pasar di berbagai daerah oleh petugas Bea Cukai dilakukan agar mempersempit ruang gerak beredarnya rokok yang tak membayar pungutan cukai kepada negara. Bea Cukai gencar melakukan berbagai upaya mulai dari penindakan para pengedar rokok ilegal hingga operasi pasar dan sosialisasi perdaran rokok ilegal ini semakin turun. Mari bersama meng-gempur rokok ilegal hingga ke akarnya. Jangan segan untuk melaporkan kepada petugas bea dan cukai apabila menemukan adanya peredaran rokok ilegal.
 
Shopping Basket