Cukai Plastik, Upaya Pemerintah Membatasi Pemakaian Plastik

Pekanbaru, 11 Juni 2021
 
Bea Cukai Pekanbaru mengadakan sosialisasi cukai plastik kepada masyarakat di Pasar Bawah Pekanbaru pada hari Kamis 10 Juni 2021. Pada pelaksanaannya, Sosialisasi diberikan baik kepada masyarakat yang sedang berbelanja maupun yang sedang menjajakan barang dagangannya.
 
Sosialisasi diisi dengan penyampaian rancangan peraturan Cukai Plastik yang akan segera diberlakukan serta bahaya penggunaan kantong plastik dalam jumlah banyak dan terus menerus di kehidupan sehari-hari.
 
Kegiatan ini juga diisi dengan pembagian goody bag sebagai pengganti kantong plastik, kepada masyarakat di sekitar Pasar Bawah dengan harapan dapat mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan kantong yang dapat digunakan berkali-kali atau dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.
Sosialisasi juga dilakukan dengan pembagian flyer yang berisi rancangan aturan cukai plastik dan tentang bahaya penggunaan plastik agar dapat menyebarkan informasi terserbut.
 
Pengenaan Cukai terhadap produk plastik merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membatasi penggunaan plastik. Salah satu kriteria pengenaan Cukai terhadap plastik adalah bahwa plastik merupakan barang yang konsumsinya perlu dibatasi karena dapat merusak lingkungan hidup. Penggunaan plastik menjadi tidak ramah lingkungan karena penguraian dari sampah plastik yang membutuhkan waktu hingga ratusan tahun. Selain itu sampah plastik juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta membahayakan keberlangsungan hidup mahkluk hidup.
 
Dengan rencana Pemerintah yang akan mengenakan pungutan cukai terhadap penggunaan plastik sebesar Rp 200 per kantong plastik diharapkan dapat mengendalikan konsumsi masyarakat terhadap penggunaan plastik dan mendorong masyarakat untuk beralih kepada barang yang lebih ramah lingkungan.
Cukai plastik juga diharapkan dapat menambah penerimaan negara dari sektor perpajakan yang nantinya akan berdampak sangat positif bagi Pemulihan Ekonomi Nasional.
 
Shopping Basket